1.1.2 Visi
Visi Jurusan Teknik Geofisika mengacu pada visi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta dan Fakultas Teknologi Mineral.

Adapun Visi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta adalah:
Menjadi Universitas pionir pembangunan yang dilandasi jiwa bela negara di era global”

Visi Fakultas Teknologi Mineral adalah:
Menjadi lembaga pendidikan dan riset ilmu-teknologi kebumian, berwawasan kebangsaan, bermutu internasional”

Berdasarkan visi universitas dan fakultas, maka dirumuskan visi Jurusan Teknik Geofisika sebagai berikut.
Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam riset ilmu dan teknologi kebumian di bidang eksplorasi geofisika yang dilandasi jiwa bela negara, bermutu internasional pada tahun 2028”

Penjelalasan kata kunci visi jurusan teknik geofisika adalah sebagai berikut:

1.   Lembaga pendidikan, memiliki arti bahwa jurusan teknik geofisika menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas
2.   Unggul, artinya menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kualitas kompetensi yang berkualitas
3.   Riset dan Teknologi Kebumian, memiliki arti bahwa kegiatan akademik yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Geofisika berorientasi pada riset ilmiah di bidang kebumian
4.   Eksplorasi geofisika, memiliki arti bahwa Jurusan Teknik Geofisika menghasilkan sarjana, yang memiliki kemampuan dalam bidang eksplorasi minyak dan gas bumi, bahan tambang, panasbumi (geothermal), dan ilmu kebumian.
5.   Jiwa Bela Negara, artinya bahwa lulusan teknik geofisika memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan rasa cinta tanah air.
6.   Bermutu Internasional, memiliki arti bahwa lulusan teknik geofisika dapat bersaing hingga tingkat internasional

1.1.3 Misi
Untuk mewujudkan visi yang telah dibuat, maka dirumuskan misi Jurusan Teknik Geofisika sebagai berikut:

1.   Melaksanakan program pendidikan dan pengajaran yang berkualitas mengenai ilmu dan teknologi kebumian dalam bidang eksplorasi geofisika.
2.   Meningkatkan kemampuan kompetensi lulusan melalui program akademik dan kurikulum yang strategis, efektif, kompetitif dan relevan terhadap perkembangan zaman dan bermutu internasional.
3.   Membangun suasana akademik yang harmonis untuk meningkatkan produktivitas dalam Tridharma Perguruan Tinggi berdasarkan jiwa bela negara.
4.   Membangun kemitraan dengan industri dan instansi pemerintah yang terkait dalam rangka peningkatan kualitas mutu pendidikan.

1.1.4 Tujuan
Berdasarkan visi dan misi jurusan teknik geofisika diatas, tujuan yang ingin diwujudkan oleh jurusan teknik geofisika adalah sebagai berikut:

Menghasilkan sarjana teknik geofisika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki integritas tinggi, memiliki pengetahuan geofisika serta penerapannya pada pengembangan ilmu dan teknologi kebumian dalam eksplorasi geofisika di bidang sumberdaya alam (minyak dan gas bumi, panas bumi (geothermal), bahan tambang, dan ilmu kebumian) demi meningkatkan kesejahteraan dan kelestarian bangsa dan tanah air”.

1.1.5   Sasaran dan strategi pencapaian
Sasaran dan strategi pencapaian dirumuskan berdasarkan visi, misi, tujuan, dan capaian kerja yang akan dilaksanakan selama 10 tahun mendatang yang dibagi atas sasaran jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sasaran tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat, tata kelola, sarana dan prasarana, dan kerjasama.